Sabtu, 19 Februari 2011

TUGAS TIK -eBuddy (DHIA SARASWATI SAVITRI 9G absen 10)




Ebuddy adalah salah satu aplikasi instant messenger atau pengirim pesan instan yang banyak digunakan oleh pengguna internet. Kemudahan dalam penggunaan dan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk mengirim pesan instan ataupun chating ke beberapa penyedia layanan chating merupakan kelebihan tersendiri bagi eBuddy.
Apalagi aplikasi ini tidak perlu diinstal ke dalam komputer ketika ingin menggunakannya, cukup dengan masuk ke alamat web eBuddy di www.ebuddy.com, kita sudah bisa menikmati layanan ini. Jadi ada yang mengatakan tentang eBuddy bahwa eBuddy adalah sebuah aplikasi praktis yang memberikan kemudahan.

Asal Mula eBuddy
Tentang eBuddy ini, berawal dari keisengan Paulo Taylor yang bertaruh dengan rekan kerjanya bahwa dia bisa membuat aplikasi MSNmessenger ke sebuah handphone. Selepas jam kerjanya, Taylor mencoba untuk membuat aplikasi tersebut. Hingga akhirnya Taylor berhasil membuat aplikasi tersebut di handphone dan aplikasi tersebut semakin banyak digunakan orang.
Taylor bersama dengan rekannya kemudian membuat aplikasi messenger ini dengan berbasiskan web pada 9 September 2003 dengan nama everyWhereMSM.com. Pada tanggal 4 Desember 2003 Taylor mengganti domain tersebut dengan nama e-Messenger.com. Baru pada tanggal 1 Juni 2006, nama eBuddy digunakan hingga saat ini.

Fitur eBuddy
Sebagai layanan pesan instan, eBuddy memiliki beberapa fitur yang akan mempermudah pengguna untuk menggunakan beberapa layanan pesan instan sekaligus. Fitur-fitur yang ada pada eBuddy ini antara lain bisa menghubungkan pengguna yang menggunakan layanan Gtalk, Yahoo Messenger, Facebook, AIM, MSN Messenger, MySpace, dan ICQ.
Dengan menggunakan eBuddy ini kita bisa langsung melakukan chatting dengan teman kita yang menggunakan layanan pesan instan yang didukung oleh eBuddy. Misalnya saja kita bisa melakukan chating dengan teman kita menggunakan Yahoo Messenger dan Facebook secara bersamaan, ataupun dengan teman kita yang menggunakan layanan Gtalk.
Bahkan kita juga bisa menggunakan semua layanan pesan instan tersebut secara bersamaan. Tentunya kita harus melakukan Sign In terlebih dahulu ke masing-masing layanan yang kita pakai tersebut melalui eBuddy.

eBuddy juga memberikan tema untuk memperkaya tampilan, avatar, menyimpan obrolan, hingga mendukung layanan webcam. Tentu saja fitur-fitur tentang eBuddy ini akan terus ditambah demi tercapainya kepuasan konsumen.

Tentang eBuddy Mobile Messenge
r
Sejak awal diciptakannya, eBuddy memang dikhususkan untuk pengguna handphone, karena itu eBuddy Mobile Messenger yang memang diciptakan untuk perangkat mobile juga akan terus dikembangkan.
Seperti halnya eBuddy Web Messenger, eBuddy Mobile Messenger ini juga memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan eBuddy Web Messenger dimana kita bisa melakukan chating dengan menggunakan beberapa layanan chating sekaligus. Yang berbeda adalah kita harus melakukan instalasi terlebih dahulu ke dalam perangkat mobile kita jika kita ingin menggunakan aplikasi eBuddy Mobile Messenger ini.

Tentang eBuddy yang lainnya adalah eBuddy for iPhone yang khusus diciptakan untuk digunakan pada iPhone dan eBuddy for Android yang khusus diciptakan untuk perangkat mobile yang menggunakan sistem operasi Android.
Baik eBuddy Mobile, Messenger, eBuddy for Android, maupun eBuddy for iPhone semuanya diciptakan untuk perangkat mobile yaitu handphone. Tetapi yang paling baru adalah eBuddy Lite Messenger yang sudah bisa digunakan untuk semua jenis perangkat mobile termasuk handphone.
Bahkan tentang eBuddy Lite Messenger ini juga sudah bisa digunakan untuk Sony PSP dan Nintendo DS.Kita bisa mendapatkan file installer eBuddy di situs resminya yaitu www.ebuddy.com.

0 komentar:

Posting Komentar

My Pingbox

Video Second Civil